Sebanyak 30 karya penelitian siswa SMP dan SMA ditampilkan dalam Progresif Science Innovations & Exhibition (PSIE) 7.0. yang diadakan SMA Progresif Bumi Shalawat, Sabtu (24/5/2025) dan Minggu (25/5/2025). Foto/Masdarul.
Karya-karya tersebut merupakan hasil penelitian siswa SMP dan SMA dari enam kota di Indonesia. Sebanyak 30 karya tersebut terbaik dari 360 karya yang masuk.
Menurut Kepala SMA Progresif Bumi Shalawat, Mochamad Misbachul Munir Ardy, SPd.,M.Mat.,Gr, kegiatan ini sudah memasuki tahun ke-7.
Baca juga: Hasil Riset Ungkap Tumbuhan Bisa Menjerit saat Tersakiti
“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ajang ke-7 ini tidak hanya menampilkan peserta dari SMA Progresif tapi dari sekolah lain di seluruh Indonesia,” kata Misbach.
Dalam era di mana pendidikan semakin penting, inovasi dalam pembelajaran harus terus didorong. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan acara Progresif Science Innovations & Exhibition (PSIE) 7.0 yang berhasil menarik perhatian dari berbagai sekolah di Indonesia. Melalui ajang ini, siswa tidak hanya berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya, tetapi juga memperluas wawasan dan interaksi dengan peserta lainnya.
Apakah Anda tahu bahwa kreativitas siswa dapat berkembang pesat lewat berbagai kompetisi? Dalam PSIE, kita melihat bagaimana siswa dari enam kota membawa karya penelitian yang berbeda dan beragam. Ini menunjukkan betapa pentingnya acara tersebut untuk menginspirasi generasi muda dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Karya Unggulan Siswa sebagai Cermin Pengembangan Kreativitas dalam Sains
Setiap karya yang dipresentasikan dalam PSIE 7.0 adalah hasil jerih payah dan kreativitas siswa yang luar biasa. Melalui ajang ini, mereka tidak hanya dituntut untuk memahami teori, tetapi juga mengimplementasikannya dalam bentuk penelitian praktis. Siswa belajar untuk berkolaborasi dan mendiskusikan ide-ide inovatif yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Data menunjukkan bahwa partisipasi dalam kompetisi seperti ini meningkatkan motivasi belajar siswa. Banyak di antara mereka yang menciptakan proyek penelitian berdasarkan masalah yang mereka amati di lingkungan sekitar. Dengan demikian, mereka tidak hanya menjadi penonton tetapi juga pelaku aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
Strategi untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Penelitian Ilmiah
Untuk meningkatkan minat siswa dalam penelitian ilmiah, sekolah perlu menerapkan beberapa strategi. Salah satunya adalah menyediakan fasilitas yang memadai dan sumber daya yang memadai untuk mendukung riset. Selain itu, penciptaan lingkungan yang aman dan stimulatif di dalam kelas juga penting untuk mengembangkan eksperimentasi kreatif.
Dengan seminar, workshop, dan pembinaan yang intensif, siswa bisa lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian. Suksesnya acara seperti PSIE 7.0 juga berdampak positif, mendorong lebih banyak sekolah untuk mengambil bagian dan membuka kesempatan bagi siswa untuk berinovasi dan berkolaborasi.